Fun Fact about Flowers National Icon! (Cherry Blossom and Jasmine)

Ini dia ! Bagi yang mau tau fanfact terbaru-persamaan dan perbedaan bunga kebangsaan negara Jepang dan Indonesia… 🙂 Check this out 🙂

Image    Image      

1. Sama-sama dijadikan simbol penting atau ikon negara.

Bunga sakura dan melati ternyata sama-sama diangkat sebagai simbol kehormatan atau ikon penting bagi negara asal bunga masing-masing, yaitu Jepang dan Indonesia. Bunga sakura, atau yang memiliki nama latin Prunus jamasakura ini dijadikan sebagai simbol nasional dan bunga kenegaraan oleh jeang sudah sejak lama, dikarenakan bunga yang satu ini tumbuh subur di daerah jepang, dan memiliki keindahan dan nilai estetika yang tinggi di mata orang jepang. Sedangkan bunga melati, atau Jasminum sambac bahkan mendapat julukan sebagai ‘puspa bangsa’ negara indonesia, karena baunya yang has dan warnanya yang melambangkan kesucian negara Indonesia.

2. Sama-sama diadopsi menjadi motif-motif dan ragam hias budaya.

Kedua jennis bunga ini telah banyak ditemukan di berbagai motif pakaian, desain interior, peralatan keluarga, dan pernak-pernik pernikahan sesuai budaya masing-masing negara asal bunga. Di Jepang, bunga sakura banyak sekali ditemukan di berbagai motif pakaian dan peralatan rumah tangga, sedangkan di Indonesia, bunga sakura banyak ditemukan sebagai perhiasan pernikahan, dan motif-motif ukiran.

3. Sama-sama memiliki makna dan kaidah tersendiri.

Kedua bunga ini memiliki banyak makna dan kaidah tersendiri yang dipercayai oleh masyarakat negara asal kedua bunga tersebut. Bunga sakura memiliki makna metafora atau kehidupan yang tidak kekal, mengekspresikan ikatan antarmanusia, keberanian, kesedihan kegembiraan. Makna dan kaidah bunga sakura ini banyak ditemukan di dalam sastra-sastra tradisional Jepang, seperti puisi dan cerita-cerita kuno, yang banyak menyebutkan kata bunga sakura. Sedangkan bunga melati dilambangka sebagai kesucian, kemerdekaan, dan kemurnian negara Indonesia. Banyak cerpen, puisi, lagu-lagu nasional, yang diciptakan oleh para seniman Indonesia yang menggunakan kata melati sebagai simbol negara Indonesia.

4. Perbedaan

  • Terdapat festival atau acara menonton dan menikmati bunga sakura di Jepang, yaitu dinamakan hanami matsuri, sedangkan tidak ada perayaan tertentu untuk bunga melati di Indonesia.
  • Bunga sakura dapat dikonsumsi bunganya, karena khasiatnya sebagai obat dan rasanya yang cukup manis. Orang jepang biasa mengkomsumsi bunga sakura dalam bentuk asinan atau manisan. Bunga melati tidak dapat dikonsumsi bunganya, namun banyak orang Indonesia percaya bahwa bunga melati merupakan makanan para hantu, dan apabila seseorang makan bunga melati, berarti orang itu sedang menjalani ritual atau ilmu mistis.
  • Bunga melati memiliki aroma yang sangat wangi dan khas, sehingga aroma bunga ini banyak dijadikan sebagai minyak wangi, pengharum ruangan, untuk aromateraphy, dan bunganya biasa digunakan untuk ramuan spa di rumah kecantikan, dan sebagainya. Sedangkan bunga sakura tidak memiliki aroma yang menonjol dan signifikan.

Nah,, itu tadi fun fact tentang bunga melati dan bunga sakura, pingin share aja buat temen-temen pembaca, karena kedua bunga ini memiliki kesamaan sebagai lambang negara.

Thanks for reading 🙂

Referensi: wikipedia.org

Advertisements

2 thoughts on “Fun Fact about Flowers National Icon! (Cherry Blossom and Jasmine)

  1. hoooo ternyata begitu ya 0_0
    baru jelas akhirnya
    ngakak pas baca bunga melati makanan para hantu

    thanks for share ^^b

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s